Rancang Bangun Sistem Administrasi Akademik Berbasis Multimedia Pada Multicliente E-Kiosk Di Lingkungan Program Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer
DOI:
https://doi.org/10.25126/jtiik.201411105Abstrak
Abstrak
E-Kiosk adalah suatu sistem vending machine informasi bagi publik yang dapat diakses kapanpun pada umumnya tersedia di tempat-tempat publik. Secara umum e-Kiosk terdiri dari tiga kategori besar :Information Kiosk, Transaction Kiosk, dan Multimedia Kiosk. E-Kiosk dalam perkembangannya telah menjadi suatu fasilitas akses publik yang interaktif (self-service), terhubung dalam suatu sistem jaringan infonnasi terpusat dalam LAN (Local Area Network), Intranet, bahkan Internet. Dengan terhubungnya e-Kiosk dalam jaringan, maka diperlukan aplikasi berbasis web yang dapat melayani fungsie-Kiosk selama 24 jam oleh suatu server. Hal ini mutlak diperlukan mengingat fungsi utama e-Kiosk yang selalu standby dan selalu diakses oleh publik kapanpun dan dimanapun.Selain itu, juga diperlukan suatu manajemen trafik jaringan e-Kiosk tersebut agar dapat memberikan layanan yang memuaskan kepada publik. Pada Penelitian ini akan dilakukan rancang bangun server jaringan e-Kiosk (Multi Client e-Kiosk) yang dapat melakukan fungsi memberikan informasi dan akses administrasi akademik di lingkungan PTIIK kepada civitas akademik.
Kata kunci: Kiosk, sistem informasi akademik
Abstract
E-Kiosk is a vending machine system for public information that can be accessed anytime in general available in public places. In general, e-Kiosk consists of three major categories: Information Kiosk, Transaction Kiosk, and Multimedia Kiosk. E-Kiosk in its development has become an interactive public access facilities (self-service), connected in a network system, The information centralized within a LAN (Local Area Network), Intranet, and even Internet. By e-Kiosk interlinked in a network, it is necessary to web-based applications that can serve fungsie-Kiosk for 24 hours by a server. It is absolutely necessary given the major functions of e-Kiosk is always standby and always accessible to the public whenever and wherever. It also required a traffic management e-Kiosk networking order to provide a satisfactory service to the public. This research will be conducted on the design of e-Kiosk network server (Multi Client e-Kiosk) that can perform the function of providing information and access to the academic administration, PTIIK and the academic community.
Keywords: Kiosk, sistem informasi akademik
Downloads
Referensi
COURTS, B. 2003. Interface Design. Di akses pada tanggal. http://www.courtsfamilystroy.com/unit.html
GRAVEL, P.; FILLION. 2001. E-Governement Services. Presented at the Seminar of E-Kiosk Service Development and Usage Trends. Canada.
KADIR, A. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta :Andi
TOUCH WAYS. 2010. Di akses 27 April 2010, http://www.touchways.com/kiosks.html
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang menerbitkan di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).