Perancangan Ikon pada Aplikasi Kesehatan untuk Lansia Berbasis Mobile

Penulis

  • Restyandito Restyandito Fakultas Teknologi Informasi Univ. Kristen Duta Wacana http://orcid.org/0000-0001-9625-8281
  • Jevon Ariston Zebua Fakultas Teknologi Informasi Univ. Kristen Duta Wacana
  • Kristian Adi Nugraha Fakultas Teknologi Informasi Univ. Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661043

Kata Kunci:

ikon, perancangan berbasis pengguna, lansia

Abstrak

Masa lansia merupakan suatu masa dimana kondisi fisik, kesehatan bahkan kognitif dari individu mulai mengalami penurunan. Dengan menurunnya kondisi kesehatan lansia, maka dibutuhkan perawatan kesehatan yang intensif dan cepat serta mudah untuk membantu lansia. Belakangan ini muncul banyak aplikasi kesehatan yang berfungsi sebagai pengingat maupun sebagai dokter online bagi lansia. Peranan ikon tentu sangat berpengaruh dalam pembuatan aplikasi kesehatan ini. Namun dalam penggunaannya, banyak ikon yang tidak efektif karena tidak dapat dimengerti maknanya secara cepat dan sukar untuk dikenali oleh penggunanya. Pengguna yang dalam hal ini adalah lansia terkadang mengalami kebingungan karena ikon tidak didesain secara baik sehingga menimbulkan kemiripan makna atau fungsinya. Berangkat dari permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk merancang ikon pada antarmuka aplikasi kesehatan untuk lansia. Subjek dari penelitian ini adalah lansia yang berumur 60 tahun ke atas.  Pembuatan ikon dilakukan dengan pendekatan metode User Centered Design dengan mewawancara responden untuk mendapatkan desain ikon yang paling nyaman digunakan.  Selanjutnya dilakukan pengujian terhadap desain ikon yang dibuat dengan melakukan performance test menggunakan dua buah parameter (completion rate dan task time). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden lebih memahami dan cepat mengenali fungsi suatu ikon ketika ikon didesain dengan jenis exemplar ikon, dengan bentuk 3 dimensi dan berwujud konkret yang dibuat dalam ukuran xhdpi dengan tingkat keberhasilan di atas 70%.

 

Abstract

Aging is a period when physical health and cognitive abilities begin to decline. Therefore, elderly need help in maintaining their physical health. Technology development has made it possible and more affordable for many people to manage their health using their smartphones. Currently, there are many mobile applications that can be used to help users take care of their heath, such as healthy lifestyle, and online doctor. However, not many elderly take advantage of these applications. Some of them undergo technological leap, and lack confidence in their shavvines. Therefore, it is necessary to design an application that is easy to use and less intimidating to the elderly. One way to do this is by designing icons that are easily understood by the elderly. This research studied different design approaches that are suitable for the elderly, using a user centered design approach. The study found that respondents could better understand icons that were designed using the exemplar approach, represented in concrete and 3D form, and has xhdpi size with success rate above 70%.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

ALSON, J.N., & MISAGAL, L.V., 2016. Smart phones usage among college students. IMPACT: International Journal of Research in Engineering & Technology, 4(3), p.63-70.

AMBOROWATI, A., 2008. Rancangan Sistem Pameran Online menggunakan Metode UCD (User Centered Design). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi AKPRIND. Yogyakarta

FARNEY, T.A., 2013. The Unobtrusive Usability Test: Creating Measurable Goals to Evaluate a Website. Proceeding of ACRL 2013 Conference. Indianapolis – USA. p.616

HSIAO, S.W., LEE, C.H., YANG, M.H., & CHEN, R.Q., 2017. User interface based on natural interaction design for seniors. Computers in Human Behavior, 75. p.147-159s

ICHWAN, & HAKIKY F., 2011. Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) pada Aplikasi Mobile Android. Jurnal Informatika, 2(2), p.13-21

LAZAR, J., FENG, J.H., & HOCHHEISER, H., 2017. Research Methods in Human Computer Interaction. Morgan Kaufmann Publisher, p.45

MALAMED, C. 2009. Visual Language for Designers: Principles for Creating Graphics that People Understand. Rockport Publisher.

MUSTIKANINGTYAS, B.E., SAPUTRA, M.C., & PINANDITO, A., 2016. Analisis Usability Pada Website Universitas Brawijaya Dengan Heuristic

Evaluation. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(3), p.188-192

NIELSEN, J. & LORANGER, H., 2006. Prioritizing Web Usability. New Riders. p.24

NIELSEN, J., 2010. Testing Expert Users, [online] Tersedia di: < https://www.nngroup.com/ articles/testing-expert-users/> [Diakses 27 Desember 2018]

PARK, D.Y., GEORING, E.M., HEAD, K.J., & ELLIS, R.J.B., 2017. Implications for Training on Smartphone Medication Reminder App Use by Adults With Chronic Conditions: Pilot Study Applying the Technology Acceptance Model. Journal of Medical Internet Research, 19(11)

PRANATA, M. 2002. Perspektif Penalaran Fungsional Desain Visual Ikon. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana 4(2), p.106-117.

RESTYANDITO, 2016. Pemanfaatan Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Orang Lanjut Usia di Indonesia. Inovasi Teknologi Informasi Untuk Kemajuan Bangsa: Sebuah Bunga Rampai. Yogyakarta: Penerbit Andi

RESTYANDITO, CHAN, A.H.S., MAHASTAMA, A.W., & SAPTADI, T.S., 2013. Designing usable icons for non e-literate user. Proceedings of the International MultiConference of Engineers and Computer Scientists. Vol 2. Hongkong. p.1020-1025

RESTYANDITO, & KURNIAWAN E., 2017. Pemanfaatan Teknologi oleh Orang Lanjut Usia di Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional ReTII ke-12. Yogyakarta. p.49-53

RUBIN, J., & CHISNELL, D., 2008. Handbook of Usability Testing 2nd Ed. Wiley Publishing, p.43

SARWAR, M., & SOOMRO, T.R., 2013. Impact of Smartphone’s on Society. European Journal of Scientific Research, 98(2), p.216-226

SAURO, J., & LEWIS, J.R., 2016. Quantifying The User Experience: Practical Statistics for User Research. 2nd Ed. Cambridge: Morgan Kaufmann, p.43

TULIS, T., & ALBERT, B., 2013. Measuring the User Experience, Collecting Analyzing and Presenting Usability Metrics 2nd Ed., Morgan Kaufmann

WARJIYONO, & HELLYANA, C.M., 2018. Pengukuran Kualitas Websit,e Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(2), p.139-146

ZHAO, Y., SHI, Y. & ZHU, Q., 2017. Leveraging social media to facilitate intergenerational learning: Bridging digital immigrants with digital natives. Proceedings of iConference 2017.

Diterbitkan

02-12-2019

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Perancangan Ikon pada Aplikasi Kesehatan untuk Lansia Berbasis Mobile. (2019). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 637-644. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019661043