Pengembangan dan Penerapan Sistem Persuasif pada E-learning : Aspek Perceived System Credibility dan Social Influence

Penulis

  • Vanya Anjani Mupti Politeknik Caltex Riau - PCR
  • Yohana Dewi Lulu Widyasari Politeknik Caltex Riau - PCR
  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau - PCR

DOI:

https://doi.org/10.25126/jtiik.2020731014

Kata Kunci:

E-learning, persuasive, system credibility, social influence

Abstrak

E-learning merupakan media pembelajaran untuk membantu proses belajar. Pemanfaatan e-learning masih belum maksimal dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran. Hasil pra riset sebesar 61,7% menyukai penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran dibandingkan e-learning. Hal ini dikarenakan diterapkannya teknologi web 2.0 yang berfokus kepada proses pertukaran informasi dan adanya interaksi pengguna di dalam sistem. Untuk membuat e-learning yang berfungsi seperti web 2.0, maka pada peneitian ini dirancang sebuah e-learning dengan menerapkan konsep persuasive aspek perceived system credibility dan social influence untuk dapat meningkatkan fungsi komunikasi dan interaksi pada e-learning. Perceived system credibility merupakan gambaran perancangan suatu sistem supaya dapat lebih dipercaya, sedangkan social influence merupakan gambaran sistem yang dapat memotivasi pengguna dalam memanfaatkan pengaruh sosial. Pada penerapannya untuk aspek perceived system credibility terletak pada fitur tooltip, sedangkan penerapan aspek social influence terletak pada fitur chat, komentar, memberikan emotion selamat, serta melihat pengguna yang sedang online secara bersamaan. Hasil pengujian fungsional menunjukkan fungsi pada e-learning sudah sesuai dengan yang diharapkan. Hasil dari pengujian usabilitas sebesar 76,46% menyatakan bahwa e-learning sudah komunikatif, efektif, dan efisien diukur dari penggunaan e-learning yang dapat memberikan manfaat, pengguna dapat saling berinteraksi pada e-learning dan memberikan dampak positif dalam proses belajar yang dilakukan.

 

Abstract

E-learning is a learning intermediary that is used to help the learning process. The use of e-learning is still not maximal in its use. Pre-research results of 61.7% liked the use of social media as a learning medium compared to e-learning. This is due to the implementation of web 2.0 technology that focuses on the process of information exchange and the existence of user interactions within the system. To make e-learning function like web 2.0, in this final project an e-learning was designed by applying persuasive concepts using perceived system credibility and social influence aspects to improve communication and interaction functions in e-learning. Perceived system credibility is a description of the design of a system so that it more credible or trustworthy, while social influence is a system description that can motivate users to utilize social influence. In this system, the feature of the perceived system credibility is tooltip. And the features of the social influence are chat, comment, give emotion, and see online user. Functional testing results indicate the function of e-learning is as expected. Usability testing of 76.46% state that e-learning is communicative, effective, and efficient measured by the use of e-learning that can provide benefits, users can interact with e-learning and have a positive impact on the learning process undertaken.


Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

AMALIA, F., & BRATA, A. H. (2018). Analisis Tingkat Penerimaan Sistem E-Learning menggunakan Blog Gratis sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Guru. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), 335-340.

COJOCARIU, V., LAZAR, I., & LAZAR, G. (2016). The Ambivalence of Strengths and Weaknesses of E-Learning Educational Services. BRAIN. Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience, 7(3), 55–74.

HERLAMBANG, A. D., & HIDAYAT, W. N. (2016). Edmodo Untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek Dan Efektivitas Pembelajaran Di Lingkungan Pembelajaran Yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(3), 180-187.

ODUOR, M., ALAHÄIVÄLÄ, T., & OINAS-KUKKONEN, H. (2014). Persuasive software design patterns for social influence. Personal and ubiquitous computing, 18(7), 1689-1704.

OINAS-KUKKONEN, H., & HARJUMAA, M. (2008). Towards deeper understanding of persuasion in software and information systems. Proceedings of the 1st International Conference on Advances in Computer-Human Interaction, ACHI 2008, 200–205.

OINAS-KUKKONEN, H., & HARJUMAA, M. (2009). Persuasive systems design: Key issues, process model, and system features. Communications of the Association for Information Systems, 24(1), 28.

PLODERER, B., REITBERGER, W., OINAS-KUKKONEN, H., & VAN GEMERT-PIJNEN, J. (2014). Social interaction and reflection for behaviour change. Personal and Ubiquitous Computing.

WIDYASARI, Y. D. L., NUGROHO, L. E., & PERMANASARI, A. E. (2016, October). The benefit of the Web 2.0 technologies in higher education: Student's perspectives. In Information Technology, Computer, and Electrical Engineering (ICITACEE), 2016 3rd International Conference on (pp. 278-282). IEEE.

WIDYASARI, Y. D. L., NUGROHO, L. E., & PERMANASARI, A. E. (2017, November). Persuasiveness web 2.0 in behavioral intention: A conceptual model. In Sustainable Information Engineering and Technology (SIET), 2017 International Conference on (pp. 117-122). IEEE.

Diterbitkan

22-05-2020

Terbitan

Bagian

Ilmu Komputer

Cara Mengutip

Pengembangan dan Penerapan Sistem Persuasif pada E-learning : Aspek Perceived System Credibility dan Social Influence. (2020). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 539-546. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020731014